jump to navigation

teori dahsyat tentang segmentasi November 18, 2009

Posted by bonteng in Uncategorized.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Mulai baru gan ini tentang segmentasi

Konsep segmentasi pasar

Faktor-faktor yang membatasi dari produsen Baswn Swaflau .dan Irawan (2003: 98)

    1. Sumber-sumber yang dimiliki oleh perusahaan
    2. Homogenitas Produk
    3. Tahap-tahap dalam siklus kehidupan produk.
    4. Homegenitas pasar.
    5. Strategi pemasaran Pesaing.

 

Tingkatan segmen Kotler (1997 : 221)

  1. Pemasaran segmen.
  2. Pemasaran celah.
  3. Pemasaran lokal.
  4. Pemasaran Individual.
  5. Pemasaran pribadi.

 

Pola segmentasi Pasar

  1. Preferensi Homogen.
  2. Preferensi tersebar.
  3. Preferensi terkelompok.

 

Prosedur segmentasi Pasar CM Lingga Purnama ( 2001: 83)

  1. tahap survei ; dalam tahap ini data yang dicari mengenai :
    1. Atribut dan peringkat kepentinyannya.
    2. Kesadaran Merk dan Peringkat Merk.
    3. Pola-pola pemakaian Produk.
    4. Sikap terhadap kategori produk.
    5. Demografis, geografis, psikografis, mediagrafis, dll.

 

 

Kotler (1997: 226) “ salah satu cara untuk menentukan segmen baru adalah dengan menyelidiki hirarki atribut yang diperhatikan konsumen dalam memilih suatu merk. Proses ini dinamakan penentuan partisi pasar (market partisioning).” Suatu perusahaan harus memantau pergeseran potensial dlam hirarki atribut pelanggan dan melakukan penyesuaian terhadap perubahan dalam prioritas konsumen.

 

Hian dan Scheme (1994: 241) agus maulana

Proses segmentasi menjadi 6 langkah.

  1. menentukan batas pasar.
  2. memutuskan variable segmentasi yang akan digunakan.
  3. mengumpulkan dan menganalisis data segmentasi.
  4. mengembangkan profil tiap tiap segmen.
  5. membidik segmen-segmen yang akan dilayani
  6. merancang rencana pemasaran.

 

Nasution dan Sudanso (2006: 37) proses segmentasi

  1. mengidentifikasikan dasar yang digunakan untuk membuat segmentasi pasar.
  2. mengembangkan Profil-profil segmen pasar yang relevan.
  3. meramalkan total Pasar potensial untuk masing-masing segmen.
    1. ( menganalisis kekuatan-kekuatan kompetitif yang berada dalam tiap segmen, serta menentukan rencana pemasaran untuk melayani tiap segmen tersebut )
    2. Meramalkan Pangsa Pasar (market Share) yang dimiliki masih –masingsegmen.
    3. Mengestimasi cost of benefit untuk masing masing segmen.

5.

  • menilai apakah manfaat tersebut memenuhi tujuan perusahaan dan alasan kuat untuk mengambil masing –masing segmen.
  • Memutuskan target market, segmen mana yang dipilih.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: