jump to navigation

Proses kewirausahaan November 16, 2009

Posted by bonteng in Uncategorized.
Tags: , , , , , , , , , , ,
trackback

Dorongan merintis wirausaha

Di amerika ada budaya keinginan seseorang untuk menjadi bos sendiri, memiliki peluang individu, menjadi sukses dan menghimpun kekayaan , ini semua merupakan  aspek yang utama dalam mendorong berdirinya kegiatan kewirausahaan.

Di Negara lain mungkin motivasi mendirikan bisnis bukan hanya sekedar mencari uang tetapi ada motif-motif lain dibalik itu. Ada juga motivasi untuk berwirausaha  karena lingkungan yang mendukung. Terkadang motivasi ini juga dating dari teman sepergaulan , lingkungan famili , sahabat dimana mereka dapat berdiskusi tentang ide wirusaha.

Beberapa factor kritis untuk memulai usaha baru menurut Bygrave dalam (buchari alma, 2002:6)

1.    personal , menyangkut aspek aspek kepribadian seseorang
2.    sociological, menyangkut masalah hubungan dengan famili dan sebagainya.
3.    Enveromental, menyangkut hubungan dengan lingkungan.

Model proses kewirausahaan

1.    Proses inovasi
beberapa faktor personal yang mendorong inovasi adalah : keinginan berprestasi , adanya sifat penasaran, keinginan menanggung resiko, faktor pendidikan dan faktor pengalaman. Adanya inovasi yaqng berasal dari diri seseorang akan mendorong dia mencari pemicu ke arah memulai usaha.
Faktor- faktor lingkungan yang mendorong inovasi adalah : adanya peluang, pengalaman dan kreativitas.

2.    Proses pemicu
Faktor  personal yang mendorong  dalam artian memicu atau memaksa seseorang untuk terjun kedunia biasnis adalah :
•    Adanya ketidak puasan terhadap pekerjaan yang sekarang.
•    Adanya PHK atau tidak ada pekerjaan lain
•    Dorongan larena faktor usia
•    Keberanian menanggung resiko.
•    Komitmen atau minat yang tinggi terhadap bisnis.
Faktor-faktor lingkungan yang memndorong menjadi pemicu bisnis adalah :
•    Adanya persaingan dalam dunia kehidupan
•    Adanya sumber-sumber yang bisa dimanfaatkan
•    Mengikuti latihan-latihan atau incubator bisnis
•    Kebijakan pemerintah, misalnya ada nya kemudahan-kemudahan dalam lokasi berusaha ataupun fasilitas kredit, dan bimbingan usaha.
Faktor-faktor sociologikal yang menjadi pemicu serta pelaksanaan bisnis :
•    Adanya hubungan- hubungan atau relasi dengan orang lain
•    Adanya tim yang dapat diajak kerjasama dalam berusaha
•    Adanya dorongan dari orang tua untuk membuka usaha
•    Adanya bantuan keluarga dalam berbagai kemudahahn
•    Adanya pengalaman-pengalaman dalam dunia bisnis sebelumnya
3.    Proses pelaksanaan
Beberapa faktor personal yang mendorong pelaksanaan dari sebuah bisnis adalah sebagai berikut:
•    Adanya seorang wirausaha yang telah siap mental secara total
•    Adanya manager pelaksana sebagai tangan kanan, pembantu umum
•    Adanya komitmen yang tinggi terhadap bisnis
•    Adan adanya Visi, pandanyan yang jauh kedepan guna mencapai keberhasilan
4.    Proses Pertumbuhan
Faktor pertumbuhan ini didorong oleh faktor organisasi antara lain :
•    Adanya tim yang kompak dalam menjalankan usaha sehingga semua rencana dan pelaksanaan operasional berjalan produktif
•    Adanya  strategi yang mantap sebagai produk dari tim yang kompak
•    Adanya struktur dan budaya orgainisasi yang mantap.
•    Adanya produk yang dibanggakan, atau kualitas yang dimiliki.
Faktor  lingkungan yang mendorong implementasi dan pertumbuhan bisnis adalah sebagai berikut :
•    Adanya unsur persaingan yang cukuo menguntungkan. Dunia persaingan saat ini sangat kejam.
•    Adanya konsumen dan pemasok barang yang kontinu
•    Adanya bantuan dari pihak investor bank yang memberikan fasilitas keuangan
•    Adanya sumber-sumber yang tersedia, yang masih bisa dimanfaatkan
•    Adanya kebijakan pemerintah yang menunjangberupa peraturan bidang ekonomi yang menguntungkan.

Personal attributes
David McClelland dalam bukunya The Achieving Society, menyatakan bahwa seorang wirausaha adalah seseorang yang memiliki keinginan berprestasi yang sangat tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak berwirausaha.
Dalam suatu penelitian di Inggris menyatakan bahwa motivasi seseorang membuka bisnis adalah  50% ingin mempunyai kebebasan dengan berbisnis sendiri, hanya 18 % menyatakan ingin m,emperoleh uang dan 10% menyatakan jawaban membuka bisnis untuk kesenangan , hobi , tantangan atau kepuasan pribadi dan melakukan kreativitas.
Sedangkan penelitian di Russia 80% menyatakan mereka membuka bisnis karena ingin menjadi bos dan memperoleh otonomi serta kemerdekaan pribadi.

Faktor enveromental
Disini dijelaskan bahwa lingkungan yang banyak memiliki wirausaha akan banyak sekali menyajikan kegiatan-kegiatan wirausaha. Suasana itulah yang berpengaruh kepada warga masyarakat untuk menumbuhkan minat berwirausaha

BERBAGAI SUMBER

About these ads

Komentar»

No comments yet — be the first.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: